A. PENGERTIAN
NOTA DINAS
Menurut
KBBI Online, Nota Dinas adalah alat
komunikasi intern antar pejabat satuan organisasi yg memuat atau berisi
pemberitahuan, permintaan, penjelasan, laporan, dan sebagainya; surat resmi
yang bersangkutan dengan organisasi atau instansi . Sedangkan menurut Tata
Naskah Dinas Lembaga Sabdi Negara, Nota Dinas adalah naskah dinas intern yang
dibuat oleh pejabat dalam melaksanakan tugas guna menyampaikan laporan,
pemberitahuan, pernyataan, permintaan, atau penyampaian kepada pejabat lain.
Nota Dinas memuat hal yang bersifat rutin, berupa catatan ringkas yang tidak
memerlukan penjelasan yang panjang, dan dapat langsung dijawab dengan disposisi
oleh pejabat yang dituju.
Nota
Dinas adalah surat yang di buat oleh atasan kepada bawahan atau oleh bawahan
kepada atasan atau setingkat yang berisikan catatan singkat suatu pokok
persoalan. Surat Tugas atau Nota Dinas
merupakan surat penunjukan kepada seseorang yang namanya tertera dalam surat
tersebut untuk ditugaskan atau dengan tugas tertentu sebagaimana isi surat
tersebut. Surat Dinas, salah satu alat komunikasi yang tertulis yang digunakan
untuk menyampaikan warta tentang kedinasan, dibuat oleh pejabat
organisasi/instansi pemerintah. Surat dinas ini yang akan dijadikan bukti hukum
untuk setiap tindakan yang diambil dalam suatu organisasi pemerintahan ataupun
perusahaan swasta.
Surat
ini biasanya berisi penunjukan tugas dan tanggungjawab baru dan tempat kerja
yang baru. Terkadang nota dinas ini di identikan dengan surat tugas perjalanan
dinas untuk organisasi atau lembaga pemerintahan. Biasanya nota dinas ini juga
sering disebut dengan memo. Memorandum sendiri memiliki arti bentuk surat tak
resmi yang bersifat kedinasan dan digunakan sebagai alat komunikasi diantara
lingkungan kedinasan. Didalam kepala atau kop sebuah memo cukup nama organisasi
atau unit kerja.
B. HAL
YANG ADA DALAM NOTA DINAS
Bentuk dan susunan serta kalimat-kalimat yang
digunakan dalam Surat Tugas atau
Nota Dinas ini tentu sama dengan contoh surat resmi lain. Surat ini diawali dengan kop surat (kepala surat), kemudian
judul surat beserta nomornya, pembukaan, isi surat dan terakhir penutup.
Beberapa informasi yang ada dalam surat ini antara lain yaitu:
1. Dasar pemberian tugas,
1. Dasar pemberian tugas,
2. Data diri penerima,
3. Detail tugas yang diberikan
C. BAGIAN-BAGIAN
NOTA DINAS
Nota
Dinas terdiri dari
1. Kepala
Nota Dinas
2. Pembuka
3. Isi
4. Penutup
Nota dinas
terdiri atas 4 paragraf.
1.
Paragraf 1 :
berisi kepala Nota Dinas.
Pencetakan
kepala Nota Dinas dibuat sama dengan ketentuan pada kepala Surat Dinas.
2.
Paragraf 2 :
pembuka Nota Dinas terdiri atas :
a.
Kata Nota Dinas.
b.
Nomor
c.
Tujuan Nota Dinas.
Didahului
dengan kata “Yth”, diketik dari sebelah kiri 15 space dan berjarak 3 kait dari
nomor.
d.
Asal Nota
Dinas.
Didahuluii
dengan kata dari, diketik berjarak 1 ½ kait dibawah dan space dengan kata yth.
e.
Hal Nota Dinas,
Kata nota
dinas diketik dengan huruf capital berjarak kait dibawah dan simetri dengan
kepala nota. Bahkan nomor diketik berjarak 1 ½ kait.
3.
Paragraf 3 :
berisi isi Nota Dinas.
Awal kalimat
isi nota Dinas diktik berjarak 4 ½ kait dibawah dan space dengan kata hal.
4.
Paragraf 4 :
Berisi penutup Nota Dinas yang terdiri atas :
a.
Nama jabatan penanda tangan
b.
Tanda tangan
c.
NIP
d.
Cap
e.
Tembusan
Surat resmi ini pada bagian akhir ditandatangani oleh
penanggungjawab atau yang mempunyai wewenang. Selain itu pada bagian akhir,
juga dicantumkan tembusan surat tersebut.
D. HAL-HAL
PENTING DALAM PEMBUATAN NOTA DINAS
1.
Nota dinas tidak dibubuhi cap dinas.
2.
Tembusan nota dinas berlaku di lingkungan intern
instansi.
3.
Penomoran nota dinas dilakukan dengan mencantumkan
nomor nota dinas, kode jabatan penanda tangan, kode klasifikasi arsip, bulan,
dan tahun
E.
CONTOH NOTA DINAS
LEMBAGA
PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI INDONESIA
CABANG
TANGERANG
Jln. Jend.
Gatot Subroto No. 07 – 09. Cimone
Tangerang
NOTA DINAS
No. 14/TNG.ND.01/V/2007
Kepada : Yth. Drs. Wahyono
Dari
: Ketua Jurusan Office Management
Hal
: Revisi Kurikulum
Sehubungan dengan akan dimulainya tahun ajaran
2007-2008 yang semakin dekat dan dipandang perlu untuk melakukan revisi
kurikulum untuk mengikuti perkembangan dunia usaha yang semakin ketat maka
dengan ini kami menugaskan kepada Bapak/Ibu yang namanya tercantum di atas
untuk mengadakan revisi kurikulum bidang studi Korespondensi Bisnis indonesia.
Kami berharap tugas ini dapat Bapak/Ibu selesaikan
paling lambat 2(dua) minggu setelah nota tugas ini.
Demikian nota tugas ini dibuat untuk dilaksanakan
sebagaimana mestinya.
Tangerang,
10 Mei 2007
Ketua
Jurusan Office Management
Drs.
Zein Ahmad
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar